='hSasuke's Mangekyō Sharingan toko boneka: cara pembuatan boneka

Senin, 08 Oktober 2012

cara pembuatan boneka

Bagi yang suka Boneka Mengenal Bahan dan Cara Pembuatan Boneka

Boneka, yah mainan lucu yang hadir dalam berbagai bentuk ini sudah familiar dikalangan kita. Penggemarnya mayoritas adalah kaum hawa dari beragam usia mulai anak-anak sampai orang tua. Bentuk yang dihadirkanpun selalu beragam dari waktu kewaktu.

Selain itu, jika kalian salah satu diantara penggemarnya, kalian akan tahu tiap bahan yang digunakan dalam pembuatannya berbeda, baik bahan dalam ataupun bahan luar. Sedangkan untuk prosesnya pembuatannya sendiri, ternyata boneka mengalami beberapa tahap sebelum akhirnya jadi dalam bentuk yang menggemaskan.

Mau tahu seperti apa, berikut ulasannya.

Material dalam boneka

Bagi penggemar boneka, selain kelembutan bahan luar, isi dalam boneka juga menjadi pertimbangan dalam membeli. Pasalnya, boneka biasanya sering di peluk oleh si pemilik, jadi bagaimana sebuah boneka dapat memberikan kenyamanan jika isinya terbuat dari bahan-bahan yang keras.

Materi bahan yang digunakan bisanya akan disesuaikan dengan bentuk boneka yang akan diproduksi. Misalnya, bahan berbulu panjang untuk boneka hewan dan bahan dengan permukaan halus untuk boneka bentuk orang.

Isi dalam boneka yang sering digunakan oleh produsen pembuat boneka diantaranya :

Spoiler


Spoiler


Material Luar Pembuatan Boneka

Selain bahan dalam, bahan luar merupakan hal yang tak kalah pentingnya karena penggunaan bahan luar dalam produk akan mempengaruhi tampilan boneka. Selain itu, ketika memilih produk, umumnya pembeli akan memperhatikan terlebih dahulu tampilan luar boneka.

Bahan luar yang sering digunakan dalam pembuatan boneka antara lain :

1. Kain
Kain yang digunakan untuk permukaan luar boneka ada yang berasal dari dalam negeri dan ada juga yang berasal dari import. Bahan tersebut antara lain, Flanel Velboa , Rasfur, Nylex dan satin.

Spoiler


Spoiler


Spoiler

Bahan ini sering pula digunakan untuk material dalam pembuatan boneka selain ketiga bahan diatas. Selain ketiga bahan diatas adapula bahan lain yang sering Ada bahan yang sejenis velboa, namanya Yelvo.
Spoiler



2. Aksesoris
Bahan –bahan berupa manik-manik dan kancing sering digunakan sebagai hiasan boneka. Walaupun terlihat sederhana namun, kehadiran aksesoris dapat menambah nilai dan keindahan boneka serta memperjelas bentuk boneka. (pita dan bahan cotton yang dijahit berupa baju)

Proses Pembuatan

Setelah mengenal semua material bahan yang digunakan untuk pembuatan boneka, marilah sejenak kita menengok proses pembuatannya.

Ada beberapa proses yang harus dilakukan sebelum akhirnya boneka menjadi bentuk yang menarik. Proses yang harus dilalui antara lain :

Pembuatan Pola
Sama seperti membuat rancangan pakaian, dalam pembuatan boneka tahap awalnya adalah pembuatan pola. Tiap satu pola nantinya akan diproduksi secara massal. Bentuk dan ukurannya biasanya di sesuaikan dengan permintaan pasar atau permintaan konsumen. Pengerjaan pembuatan pola ini dilakukan di atas sebuah kertas dengan perlengkapan seperti penggaris, pensil, penghapus dan pulpen.

Pembentukan Prototype
Setelah pola selesai dikerjakan langkah selanjutnya adalah memindahkan pola tersebut kedalam sebuah prototype. Prototype adalah contoh produk yang akan dipasarkan namun di sini bentuk dan desain produk belum tetap (fix). Walaupun ukuran di pola sudah Prototype ini dapat berubah berkali-kali sampai sesuai dengan bentuk yang diinginkan si pemesan.

Pembentukan MAL (Moulding)
Mal yang satu ini bukan pusat perbelanjaan yang sering sahabat toserba datangin. Mal disini adalah cetakan yakni contoh produk yang telah jadi dan siap untuk diproduksi secara massal. Ukuran dan bentuk dalam mal ini tak boleh di ubah-ubah lagi.

Proses Penjahitan Pola
Langkah selanjutnya adalah proses penjahitan pola. Disini Mal berupa potongan-potongan boneka akan disatukan dan siap untuk dijahit. Penjahitan dilakukan dengan mesin jahit listrik alasannya agar produk yang dihasilkan lebih maksimal.

Pengisian Dacron
Dalam proses penjahitan tidak semua bagian boneka dijahit. Hal itu dikarenakan nantinya boneka akan dimasukkan isi dalam. Isi Dalam yang sering dipergunakan adalah kapas dan silicon. Pengisian pun tidak dilakukan sampai padat namun secukupnya tanpa harus mengurangi keindahan bentuk boneka.

Penambahan Aksesoris Boneka
Ini adalah langkah terakhir dalam produksi boneka sebelum dijual di pasar. Disini boneka yang telah di masukkan Dacron akan diberi aksesoris sesuai kebutuhan boneka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar